Indosiar
mulai mengudara (on air) secara penuh pada tanggal 11 Januari 1995 Indosiar
mengudara secara nasional dan diresmikan oleh Menteri Penerangan RI Bapak
Harmoko di Kantor Pusat Indosiar Jl. Damai No. 11 Daan Mogot Jakarta Barat,
sehingga pada tanggal tersebut ditetapkan sebagai tanggal lahir atau ulang
tahunnya Indosiar.
Indosiar
merupakan televisi pertama di Indonesia yang memeperkenalkan sistem NICAM (Near
Instamously Companden Auto Multiplex) yaitu teknologi yang memeberikan gambar
sangat jernih dan tanpa desis sehingga seperti memiliki kualitas compact disc
di televisi. Pada dasarnya sistem NICAM ini memberikan kenyamanan yang lebih
untuk para pemirsa Indosiar di rumah.
Pada
awal kegiatan penyiarannya, Indosiar adalah perusahaan televisi pertama di
Indonesia yang menggunakan sistem peralatan teknologi yang canggih (digital)
sehingga dapat menyajikan kualitas gambar yang lebih baik dari teknologi analog
yang ada. Untuk menunjang kegiatan penyiarannya hingga saat ini Indosiar telah
membangun relay transmiter di 34 kota besar di Indonesia dengan jangkauan yang
dapat diterima oleh lebih dari 180 kota di Indonesia.
Sejak
awal tayang tanggal 11 Januari 1995 dan sampai saat ini Indosiar telah
menyajikan berbagai jenis program televisi dengan mengutamakan program produksi
sendiri yang berkualitas, baik dalam drama, musik, reality show, variety show,
program anak-anak, serta program - program pemberitaan.
Visi
“Menjadi
stasiun televisi terkemuka dengan tayangan yang bersumber pada in-house
production, krativitas dan sumber daya manusia yang handal.
Misi
Sudah
menjadi tekad dari Indosiar dpat memberikan yang terbaik bagi masyarakat
Indonesia, maka misi yang diemban oleh Indosiar adalah terwujud pada kata
“FISH“ yang merupakan singkatan dari kata-kata :
a.
Futuristic. bermakna “Berorientasi maju dengan terobosan baru“ dalam arti
Indosiar selalu berorientasi ke depan dengan menggunakan teknologi baru.
Teknologi baru ini telah menjadi suatu tradisi bagi Indosiar agar selalu
berorientasi ke masa depan dan menjadi yang terdepan.
b.
Inovative. bermakna “Menjadi trendsetter dengan ide orisinil“ dalam arti
Indosiar selalu mempunyai ide-ide baru dan orisinil dalam setiap program yang
disuguhkan sehingga dapat menyajikan program-program baru yang disukai
masyarakat.
c.
Satisfaction. bermakna “Mengutamakan kepuasan para stakeholder“ dalam arti
Indosiar selalu berusaha memberikan perhatian pada kualitas acara ditambah
dengan memperluas jangkauan siarannya dengan fasilitas NICAM sehingga Indosiar dapat
memebrikan kenyamanannya yang lebih baik untuk para pemirsanya di rumah.
d.
Humanity. Yang bermakna “Peduli terhadap lingkungan sekitar“ dalam arti Indosiar
berusaha untuk peka terhadap lingkungan sekitar.
Program Siaran
Perseroan
memiliki berbagai jenis program ditinjau dari sumber perolehannya, yaitu
program in-house yang meliputi program drama, non drama, news (berita) dan
program outhouse. Perseroan menghasilkan program yang bersifat serial dan film
televisi yang kebanyakan ditujukan untuk kelompok pemirsa remaja. Program non drama
i-house memperoduksi aneka jenis program yang dapat menghibur berbagai kelompok
pemirsa seperti program anak, tv magazine, kuis/game show, variety show, sport,
infotainment, talkshow, dan lain-lain. Sementara program news dihadirkan untuk memenuhi
kebutuhan pemirsa akan informasi aktual dan edukatif.
Sebagai
televisi yang membidik segmen keluarga (family tv), Perseroan terus berupaya
menghadirkan program-program yang dapat dinikmati oleh segala usia, jenis
kelamin, tingkat penididikan maupun strata sosial dan ekonomi dengan senantiasa
mempelajari perilaku pemirsa dan perubahannya baik dalam hal selera maupun pola
menonton. Berdasarkan hasil pendataan ini Perseroan lantas menyusun strategi
penempatan program dengan memilah waktu tayang program dan menyajikan
program-program yang sesuai dengan segmen pemirsa yang dibidik. Saat ini
program acara yang menjadi unggulan di tahun 2010 yakni, Take Celebrity Out,
Take Me Out, Take Him Out, Mama Mia,, Indonesia Got Talent, AFI 2010, News,
Sinetron dan sederet program acara lainnya.
Bidang Usaha
Sesuai
dengan pasal 3 anggaran dasar Perseroan, maksud dan tujuan Perseroan adalah
berusaha dalam bidang jasa penyiaran televisi sebagai Lembaga Penyiaran Swasta
yang mempunyai fusngsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan yang sehat,
kontrol dan perekat sosial dengan tujuan untuk memperkukuh integrasi nasional, membina
watak dan jati diri bangsa yang beriman dan taqwa, mencerdaskan kehidupan
bangsa, memajukan kesejahteraan umum dalam rangka membangun masyarakat yang
mandiri, demokratis, adil dan sejahtera, serta menumbuhkan industri penyiaran
Indonesia.
Karyawan Perusahaan
Karyawan
Indosiar berjumlah 1500 orang. Sumber daya manusia sebagai pendukung utama
oprasional perusahaan. Perusahaan membuka kesempatan bagi karyawan untuk
mengikuti pendidikan pelatihan dan pengembangan formal, maupun non formal,
meliputi wilayah oprasional dan teknis, kepemimpinan, manajerial, dan keterampilan
interpersonal. Upaya ini ditujukan untuk memenuhi tuntutan kompetensi sesuai
dengan kebutuhan dan perubahan kondisi bisnis. Selain itu untuk menstimulus
kinerja yang optimal Perseroan dan Anak Perusahaan menyediakan berbagai
fasilitas reguler setiap tahunnya meliputi fasilitas kesehatan (tunjangan
pengobatan dan perawatan), fasilitas olahraga (penyediaan lapangan bulu
tangkis, sepak bola, futsal), fasilitas rohani (kesempatan menunaikan ibadah haji),
fasilitas koperasi (simpan pinjam), maupun fasilitas perpustakaan dengan
beragam koleksi buku dan majalah yang dapat dimanfaatkan selua-luasnya oleh
karyawan untuk menambah pengetahuan. Perusahaan juga menyelenggarakan program kesejahteraan
bagi karyawan dalam bentuk program pensiun iuran pasti yang dikelola oleh DPLK
Indolife Pensiontama untuk karyawan tetap yang memenuhi syarat, jaminan hari
tua, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian yang dikelola oleh PT
Jamsostek.
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
A. Peduli Kasih
Sebagai
perwujudan semangat sosialnya, sejak tahun 2000 Perseroan secara kontinyu
menjalankan program Peduli Kasih, sebuah program penggalangan dana pemirsa
untuk membantu biaya pengobatan masyarakat ekonomi lemah, yang selama 9 tahun terakhir
telah sukses menyembuhkan ribuan pasien kurang mampu. Sepanjang tahun 2009,
melalui program ini, sebanyak lebih dari 11.000 pasien telah berhasil
mendapatkan bantuan finansial dan menjalani operasi penyembuhan dari berbagai
macam kelainan atau penyakit antara lain, hypospadia, bibir sumbing, atresia
ani, cacat bawaan sejak lahir, polio total, kelainan jantung, hirschprung, hernia,
dan masih banyak lagi. Peduli Kasih juga memberikan bantuan berupa alat bantu
medis seperti kursi roda, alat bantu pendengaran, alat bantu kaki palsu, maupun
alat bantu mobile worker.
Dalam
menjalankan kegiatannya, Peduli Kasih menjalin kerja sama dengan berbagai pihak
antara lain, Rumah Sakit Umum dan Rumah Sakit Khusus bahkan Puskesmas yang
dapat membantu menjadi rujukan bagi masyrakat ekonomi lemah seluas-luasnya yang
berada
dalam jangkauan wilayah Indonesia.
B. Kita Peduli
Kita
Peduli adalah program bantuan untuk korban bencana alam yang dihimpun dari
sumbangan pemirsa. Jenis bantuan yang diberikan dapat berupa bahan bangunan
untuk memperbaiki bangunan-bangunan yang rusak akibat bencana alam, rumah semi permanen,
jembatan, gorong-gorong, sekolah, rumah ibadah, poliklinik, bahan makanan dan
pakaian serta bantuan sosial lainnya.
Dalam
menjalankan program Kita Peduli, Perseroan berkerja sama dengan berbagai
institusi pendidikan dan lembaga swadaya masyarakat serta Satuan Koordinasi
Pelaksana (Satkorlak) Pemerintah Daerah setempat dan berbagai tim sukarelawan
lainnya.
Program
Kita Peduli telah turut berpartisipasi memberikan bantuan kepada sejumlah
korban banjir di DKI Jakarta, Nanggroe Aceh Darussalam, serta korban gempa di
Dompu Nusa Tenggara Barat dan Bantul-DIY, Gempa di Padang baik dalam bentuk makanan,
obat-obatan, pakaian layak pakai, perlengkapan sekolah,bangunan sekolah dan
fasilitas umum lainnya. Seluruh biaya operasional tim Peduli Kasih dan Kita
Peduli ditanggung oleh Perseroan tanpa mengurangi dana yang telah terhimpun.
Untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas, Laporan Keuangan Peduli Kasih dan
Kita Peduli secara Berkala diaudit oleh Kantor Akuntan Publik.
Ingin
pasang iklan di Indosiar ? Silahkan Hub : 0813 9878 2222 / 021 9809 2266
Selamat Siang, mau tanya berapa biaya iklan dalam tanyangan Siraman rohani Mama & Aa, mohon dapat dikirim ke email saya yadis_hpa@yahoo.co.id
ReplyDelete