O
Channel – Jakarta’s Own Channel merupakan stasiun televisi swasta di Indonesia
dengan jangkauan area operasi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Stasiun
televisi yang dimiliki MRA Media Group ini memulai siaran percobaan pada 9
Agustus 2004 dan diluncurkan pada pertengahan 2005. Selain acara bermuatan
lokal, sajian acara O Channel didominasi dengan acara iburan dan gaya hidup. O
Channel mengudara selama 17,5 jam (07.30-01.00 WIB) tiao harinya, perpanjangan
waktu siaran (20jam) direncanakan pada pertengahan tahun 2007. Sekitar 55 jam
dari masa siaran O Channel tiap minggunya diisi dengan program-program luar
negeri hasil kerjasama dengan perusahaan Kanada Chum Teluvision International.
Sebagai
televisi lokal Jakarta, O Channel (PT. Omni Intovision) menyorot kehidupan
masyarakat Jakarta yang haus akan lifestyle pada kehidupan sehari-harinya.
Menurut Ismawan Mashuri, Direktur Utama J-TV, pengelolaan televisi lokal
terlebih dahulu ditujukan untuk mendidik masyarakat daerah yang selama ini pola
budayanya disentralkan (Cakram Komunikasi No. 06 tahun 2003). Terkait dengan hal
tersebut, ketajaman dan kedalaman tentang kehidupan lifestyle Jakarta yang
tidak ditampilkan oleh televisi nasional diakomodasikan oleh O Channel melalui
konsep proximity media tersebut terhadap masyarakat Jakarta. Dengan kata lain,
masyarakat diberikan kemudahan akses informasi mengenai dunianya sendiri
melalui televisi lokal O Channel. Masyarakat Jakarta mempunyai karakteristik
yang beragam. Dalam perkembangannya, budaya populer masyarakat Jakarta dianggap
sebagai budaya massa yang diproduksi dan dikonsumsi oleh media, terutama
televisi lokal, termasuk O Channel, yang menggarap lokalitas sebagai menu
sehari-hari.
O
Channel sebagai stasiun penyiaran televisi lokal mempunyai basis yang kuat
dalam mengetengahkan masalah budaya metropolitan yang cenderung populer di
kalangan masyarakatnya. Hal ini karena segmentasinya cenderung mengikuti pola
budaya msyarakat Jakarta (target pngsa usia 18-49 tahun) dengan mengeksplorasi
hal-hal lokal. Ditambah juga jaringan yang terjalin dengan berbagai media cetak
seperti : Cosmopolitan, Cosmogirl, Seventeen dan MTV Trax. Lalu, dengan
berbagai radio jaringan seperti : Hard Rock FM, Trax FM, Cosmopolitan FM dan
I-Radio yang bersegmentasi serupa.
Stasiun
lokal pertama Jakarta ini memfokuskan diri pada dunia hiburan dan gaya hidup
yang menjadi sorotan dan memiliki daya jual tersendiri pada masyarakat. (www.disettara.com)
Sebagai
stasiun televisi yang masih muda usianya stasiun televisi ini memerlukan
pembenahan dalam berbagai bidang agar dapat bersaing dengan stasiun televisi
swasta nasional. Untuk itu diperlukan sarana dan prasarana yang memadai yang
dapa tmnunjang kinerjanya dalam menghasilkan produk yang maksimal. Saat ini
stasiun televisi O Channel belum memiliki wadah kegiatan yang representatif
untuk sebuah stasiun televisi.
Untuk
menampung aktifitas stasiun televisi O Channel dibutuhkan wadah berupa bangunan
dan fasilitasnya yang dapat mendukung kemajuan stasiun televisi tersebut. Wadah
yang akan dibangun harus cukup representatif untuk aktifitas yang terkait
dengan televisi swasta lokal dalam jangka waktu yang panjang. Dilatarbelakangi
keinginan dan upaya O Channel untuk benar-benar menjadi pelopor atau staiun
televisi pertama yang terfokus pada kota besar, O Channel merencanakan
pembangunan kantor dan studio set O Channel yang unik dan berkelas, yang
terintegrasi dengan penyajian program-programnya.
Tujuannya
adalah untuk memudarkan batasan antara dunia luar dan dunia penyiaran, membuat
pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan di dalam dapat terlihat oleh publik, tidak
hanya program-program on air tetapi juga program-program yang dilakukan di
lokasi. O Channel percaya bahwa televisi adalah sebuah proses, dimana proses
itu harus dibagi dengan khalayak atau audiensnya. O Channel bertujuan untuk
menyediakan standar baru dalam dunia pertelevisian, yang fokus dan terikat
secara langsung dengan masyarakat Jakarta. Sejalan dengan posisinya sebagi city
centric channel, studio set O Channel yang unik akan berada di jantung Kota
Jakarta sehingga dapat dengan mudah diakses. Itu semua adalah keinginan dan
upaya O Channel untuk benar-benar menjadi pelopor atau stasiun TV pertama yang
terfokus pada kota besar.
Tujuan
Tujuan
yang hendak dicapai yaitu terumuskannya pokok-pokok pikiran sebagai suatu
landasan konseptual perencanaan dan perancangan stasiun televisi O Channel di
Jakarta sebagai suatu wadah kegiatan yang representatif dan akomodatif dalam
memenuhi kebutuhan akan fasilitas sebuah stasiun televisi lokal sebagai
penyedia jasa informasi dan hiburan bagi masyarakat dengan jangkauan pelayanan
lokal untuk DKI Jakarta dan daerah sekitarnya.
Sasaran
Tercapainya
pemahaman akan potensi, tuntutan, dan permasalahan mengenai perencanaan dan
perancangan sebuah fasilitas stasiun televisi yang sesuai dengan kriteria
sebuah media informasi dna hiburan yang positif, fasilitatif dan representatif
saehingga dapat tersusunnya usulan langkah-langkah pokok perencanaan dan
perancangan stasiun televisi O Channel di Jakarta berdasarkan atas aspek-aspek
panduan perencanaan (design guideline aspects) arsitektur.
Ingin
pasang iklan di O Channel ? Silahkan Hub : 0813 9878 2222 / 021 9809 2266
No comments:
Post a Comment