Saturday, July 6, 2013

O Channel

 
O Channel – Jakarta’s Own Channel merupakan stasiun televisi swasta di Indonesia dengan jangkauan area operasi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Stasiun televisi yang dimiliki MRA Media Group ini memulai siaran percobaan pada 9 Agustus 2004 dan diluncurkan pada pertengahan 2005. Selain acara bermuatan lokal, sajian acara O Channel didominasi dengan acara iburan dan gaya hidup. O Channel mengudara selama 17,5 jam (07.30-01.00 WIB) tiao harinya, perpanjangan waktu siaran (20jam) direncanakan pada pertengahan tahun 2007. Sekitar 55 jam dari masa siaran O Channel tiap minggunya diisi dengan program-program luar negeri hasil kerjasama dengan perusahaan Kanada Chum Teluvision International. 

Sebagai televisi lokal Jakarta, O Channel (PT. Omni Intovision) menyorot kehidupan masyarakat Jakarta yang haus akan lifestyle pada kehidupan sehari-harinya. Menurut Ismawan Mashuri, Direktur Utama J-TV, pengelolaan televisi lokal terlebih dahulu ditujukan untuk mendidik masyarakat daerah yang selama ini pola budayanya disentralkan (Cakram Komunikasi No. 06 tahun 2003). Terkait dengan hal tersebut, ketajaman dan kedalaman tentang kehidupan lifestyle Jakarta yang tidak ditampilkan oleh televisi nasional diakomodasikan oleh O Channel melalui konsep proximity media tersebut terhadap masyarakat Jakarta. Dengan kata lain, masyarakat diberikan kemudahan akses informasi mengenai dunianya sendiri melalui televisi lokal O Channel. Masyarakat Jakarta mempunyai karakteristik yang beragam. Dalam perkembangannya, budaya populer masyarakat Jakarta dianggap sebagai budaya massa yang diproduksi dan dikonsumsi oleh media, terutama televisi lokal, termasuk O Channel, yang menggarap lokalitas sebagai menu sehari-hari. 

O Channel sebagai stasiun penyiaran televisi lokal mempunyai basis yang kuat dalam mengetengahkan masalah budaya metropolitan yang cenderung populer di kalangan masyarakatnya. Hal ini karena segmentasinya cenderung mengikuti pola budaya msyarakat Jakarta (target pngsa usia 18-49 tahun) dengan mengeksplorasi hal-hal lokal. Ditambah juga jaringan yang terjalin dengan berbagai media cetak seperti : Cosmopolitan, Cosmogirl, Seventeen dan MTV Trax. Lalu, dengan berbagai radio jaringan seperti : Hard Rock FM, Trax FM, Cosmopolitan FM dan I-Radio yang bersegmentasi serupa. 

Stasiun lokal pertama Jakarta ini memfokuskan diri pada dunia hiburan dan gaya hidup yang menjadi sorotan dan memiliki daya jual tersendiri pada masyarakat. (www.disettara.com)
Sebagai stasiun televisi yang masih muda usianya stasiun televisi ini memerlukan pembenahan dalam berbagai bidang agar dapat bersaing dengan stasiun televisi swasta nasional. Untuk itu diperlukan sarana dan prasarana yang memadai yang dapa tmnunjang kinerjanya dalam menghasilkan produk yang maksimal. Saat ini stasiun televisi O Channel belum memiliki wadah kegiatan yang representatif untuk sebuah stasiun televisi. 

Untuk menampung aktifitas stasiun televisi O Channel dibutuhkan wadah berupa bangunan dan fasilitasnya yang dapat mendukung kemajuan stasiun televisi tersebut. Wadah yang akan dibangun harus cukup representatif untuk aktifitas yang terkait dengan televisi swasta lokal dalam jangka waktu yang panjang. Dilatarbelakangi keinginan dan upaya O Channel untuk benar-benar menjadi pelopor atau staiun televisi pertama yang terfokus pada kota besar, O Channel merencanakan pembangunan kantor dan studio set O Channel yang unik dan berkelas, yang terintegrasi dengan penyajian program-programnya. 

Tujuannya adalah untuk memudarkan batasan antara dunia luar dan dunia penyiaran, membuat pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan di dalam dapat terlihat oleh publik, tidak hanya program-program on air tetapi juga program-program yang dilakukan di lokasi. O Channel percaya bahwa televisi adalah sebuah proses, dimana proses itu harus dibagi dengan khalayak atau audiensnya. O Channel bertujuan untuk menyediakan standar baru dalam dunia pertelevisian, yang fokus dan terikat secara langsung dengan masyarakat Jakarta. Sejalan dengan posisinya sebagi city centric channel, studio set O Channel yang unik akan berada di jantung Kota Jakarta sehingga dapat dengan mudah diakses. Itu semua adalah keinginan dan upaya O Channel untuk benar-benar menjadi pelopor atau stasiun TV pertama yang terfokus pada kota besar. 

Tujuan

Tujuan yang hendak dicapai yaitu terumuskannya pokok-pokok pikiran sebagai suatu landasan konseptual perencanaan dan perancangan stasiun televisi O Channel di Jakarta sebagai suatu wadah kegiatan yang representatif dan akomodatif dalam memenuhi kebutuhan akan fasilitas sebuah stasiun televisi lokal sebagai penyedia jasa informasi dan hiburan bagi masyarakat dengan jangkauan pelayanan lokal untuk DKI Jakarta dan daerah sekitarnya. 

Sasaran

Tercapainya pemahaman akan potensi, tuntutan, dan permasalahan mengenai perencanaan dan perancangan sebuah fasilitas stasiun televisi yang sesuai dengan kriteria sebuah media informasi dna hiburan yang positif, fasilitatif dan representatif saehingga dapat tersusunnya usulan langkah-langkah pokok perencanaan dan perancangan stasiun televisi O Channel di Jakarta berdasarkan atas aspek-aspek panduan perencanaan (design guideline aspects) arsitektur.

Ingin pasang iklan di O Channel ? Silahkan Hub : 0813 9878 2222 / 021 9809 2266

No comments:

Post a Comment